Minggu, 19 Maret 2017

Marimo, Si Alga Hijau


ALGA HIJAU INI BANYAK DIJADIKAN PELIHARAAN!


Ada yang tahu, apa itu Marimo?
Bentuknya  yang bulat dan berwarna hijau seakan mengundangmu untuk menyentuhnya. Mereka tidak berbahaya, kok! Ketika dipegang, kamu dapat merasakan teksturnya yang lembek dan basah. Marimo yang ada di toko-toko selalu terlihat hidup di dalam akuarium, dari yang hanya berupa toples hingga benar-benar akuarium ikan. Walaupun terkesan tak pernah bergerak dan cuma tenggelam di dasar air, sebenarnya mereka itu makhluk hidup, lho!
Marimo (毬藻) yang bila diterjemahkan langsung berarti ‘bola lumut’, merupakan jenis alga hijau (Chlorophyta) yang berbentuk bulat. Alga unik yang memiliki nama latin Aegagropila linnaei ini banyak ditemukan di beberapa danau di belahan bumi Utara, salah satunya di Jepang, terutama di Lake Akan, Hokkaido.
6801_01
Lake Akan, Hokkaido (Source: japan-guide.com)
Marimo dianggap sebagai salah satu national treasure di Jepang. Di Hokkaido sendiri, Marimo adalah oleh-oleh populer yang sering dijadikan sebagai tanaman peliharaan. Biasanya, para pembeli membeli Marimo yang masih berukuran kecil untuk dirawat dan dibesarkan. Yup, bola lumut ini dapat tumbuh besar. Pertumbuhannya memang lambat, hanya sekitar 0,5 cm hingga 1 cm per tahunnya. Tetapi hal itu tidak membuat orang enggan untuk mau memelihara Marimo sebagai pajangan maupun hiburan mereka.
Lalu, gimana, sih, cara memelihara dan membesarkannya?
Berikut ini adalah panduan dasar dalam memelihara Marimo:
  1. Tahapan yang paling mendasar adalah kamu harus mengganti airnya seminggu sekali. Apalagi bila dalam satu wadah ada lebih dari satu Marimo, maka kamu sebaiknya mengganti airnya lebih sering. Temperatur airnya haruslah berada di antara 15-20°C. Tetap ganti airnya bila sudah mulai keruh atau kotor, tetapi jangan terlalu sering mengganti air juga, ya! Sebab, hal ini akan menghambat pertumbuhan Marimo.
  2. Alga hijau ini dapat tumbuh di bawah sinar buatan, misalnya lampu belajarmu. Namun, mereka akan tumbuh lebih baik lagi bila diletakkan di bawah sinar matahari secara tak langsung.
  3. Kamu bisa menggunakan wadah sebesar apapun untuk memelihara Marimo-mu. Perlu diingat bahwa kamu tidak perlu terlalu sering mengganti airnya apabila wadah yang digunakan cukup besar.
  4. Perlu diperhatikan!
    • Jauhkan Marimo dari sinar matahari langsung.
    • Jangan pernah membiarkan Marimo-mu kering.
    • Jangan biarkan airnya membeku.
    • Hindari menggunakan air dengan suhu di atas 30°C.
Hmm… Ternyata gampang-gampang susah, ya, mengurus Marimo. Maklum saja, sobat kecil kita ini memang rada sensitif, apalagi terhadap cahaya. Tetapi, tahukah kamu kalau ternyata bila dirawat dengan benar, Marimo dapat bertahan hingga satu abad? Mereka memang hampir tidak bisa dimusnahkan, kecuali bila mereka ditaruh di air klorin, atau bahkan di tangki septik di mana tidak ada nutrisi yang bisa diserap. Bila kamu juga memelihara ikan mas, sebaiknya jangan disatukan dengan Marimo! Akan dipastikan bahwa ikan mas kamu akan memakan dan merobek bola hijau ini sampai hancur. Wah, jangan sampai terjadi, ya!
download-2
Marimo yang masih kecil. Imut, kan…? (Source: mossball.com)
tumblr_inline_mhphr9kmi21qz4rgp
Kalau yang ini sudah besar. (Source: koryos.tumblr.com)
Intinya, Marimo itu cocok buat dijadikan tanaman kecil pengganti bagi kalian yang ingin memelihara tanaman akuatik yang simpel. Tapi, kalian harus tetap ingat bahwa Marimo akan terus bertumbuh menjadi lebih besar setiap tahunnya. Mereka tidak mungkin hidup dalam tanki kecil sepanjang hidupnya. Perawatan dan perhatian ekstra pun akan semakin dibutuhkan seiring dengan perkembangan Marimo tersebut. Walaupun demikian, siapa pula yang tidak senang melihat Marimo-nya tumbuh besar karena dirawat dengan baik? Dijamin kalian akan merasa puas, deh! 
Nah, bagaimana? Apakah kalian tertarik merawat Marimo?
*Bila kalian tertarik, tidak perlu jauh-jauh beli di Jepang. Nyatanya, banyak agen-agen Malaysia yang menawarkan Marimo. Harga satu bola Marimo-nya bisa berkisar dari 27 ribu Rupiah hingga 144 ribu Rupiah, tergantung dari ukuran Marimo yang dipesan. Belum termasuk wadah dan ongkos kirimnya, ya! Hehe~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar